Mempelajari Metode Ajax Load



Tujuan dari tulisan artikel saya ini adalah memahami dan mengenal metode load() pada Jquery Ajax dan memahami metode get() dan post() dengan Jquery Ajax. Ajax adalah seni bertukar data dengan server dan memperbarui dengan bagian-bagian dari suatu halaman web tanpa reload seluruh halaman. Singkatnya Ajax adalah tentang pemuatan data di latar belakang dan menampilkannya pada halaman web tanpa reload seluruh halaman. Contoh aplikasi yang menggunakan Ajax seperti Gmail, Google Maps, Youtube dan Tab Facebook. Jquery menyediakan beberapa metode untuk fungsionalitas Ajax.

Mempelajari Metode Ajax Load

Dengan metode Jquery Ajax anda dapat meminta teks, HTML, XML, atau JSON dari sebuah remote server menggunakan baik HTTP Get dan HTTP Post dan anda dapat memuat data eksternal secara langsung menjadi elemen - elemen HTML yang dipilih dari halaman Web anda. tanpa Jquery, ajax coding dapat menjadi sedikit rumit. Jquery load() method adalah metode ajax sederhana,tapi kuat. laod metode akan mengambil data dari server dan menempatkan data kembali ke dalam elemen yang dipilih.

contoh sintax :
$(selector).load(URL,data,callback);
Keterangan parameter :

  • URL : menentukan URL yang akan dimuat/load.
  • data : sifatnya opsional, menentukan satu set querystring key/value pasangan untuk dikirimkan bersama dengan permintaan.
  • callback : sifatnya opsional, adalah nama dari sebuah fungsi untuk dieksekusi setelah metode load() terselesaikan.

saya akan memberikan sebuah contoh dari metode ajax load yang sangat sederhana dan dapat anda pelajari dengan mudah. contoh ini mendemonstrasikan bagaimana metode load() mengambil seluruh konten atau isi dari sebuah file dan menampilkannya kehalaman html. caranya anda harus membuat file yang akan anda ambil untuk mengisi sebuah konten di dalam halaman html. disini saya akan membuat 2 file yaitu jqueryajax.html dan demotest.txt

jqueryajax.html
<html>
<head>
<script src="jquery-2.1.0.min.js">
</script>
<script>
$(document).ready(function(){
$("button").click(function(){
$("#div1").load("demotest.txt");
});
});
</script>
</head>
<body>
<div id="div1"><h4>Tulisan ini akan diubah oleh jQuery AJAX ketika tombol diklik</h4></div><button>Ambil Content dari file demotest.txt</button>
</body>
</html>

demotest.txt
ini adalah tulisan dari cara sidas yang dimana lagi belajar mempelajari metode ajax load semoga cara ini dapat bermanfaat.

Demikianlah pembelajaran sederhana tentang metode ajax load. semoga hal yang dasar ini dapat berguna bagi anda semua dan dapat dimanfaatkan. Tetap Kunjungi Cara Sidas.

Related Posts:

13 Responses to "Mempelajari Metode Ajax Load"

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.