Cara Membuat Quis Interaktif Dengan Macromedia Flash 8

Macromedia Flash adalah sebuah media untuk membuat animasi yang berbentuk Flash. Dengan media ini anda dapat membuat sebuah animasi yang dapat bergerak dan berpindah. 
Macromedia bukan hanya dapat membuat sebuah animasi belaka. Namun juga dapat membuat sebuah media interaktif untuk pendidikan. semakin berkembangnya zaman teknologi akan dapat memudahkan anda untuk dapat membuat apapun yang anda mau meskipun dalam pendidikan sekalipun. Di dalam Membuat quiz interaktif bukan hanya media ini saja yang dapat membuat sebuah animasi. masih terdapat media lain seperti Power Point, affter Effect, dan masih banyak media lainnya.  


Kali ini saya akan memberikan sebuah Cara atau sebuah tutor Membuat Quiz Interaktif sederhana untuk anda pelajari dan anda kembangkan. Media Interaktif juga telah banyak di pakai oleh guru dan tim pengajar lainnya. bagi pemula mungkin ini adalah media pembelajaran awal untuk mengenal Media Interaktif.
Saya akan membawa anda langsung melihat kearah percobaan yang saya buat. Pembuatan sangatlah sederhana dan semoga dapat anda pahami dengan seksama dan semoga bermanfaat dalam Cara yang saya berikan.

Langkah-langkah Pembuatan 

1. Untuk melakukan langkah pertama anda harus memiliki Macromedia Flash 8 terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya pada situs-situs download yang ada.

2. Dalam pembuatan pertama, lakukanlah pembuatan atau penambahan layer pada Macromedia Flash untuk membuat background, action, dan materi quiz yang akan di buat nantinya menjadi sebuah animasi flash atau media interaktif.

Cara Membuat Quiz Interaktif dengan Macromedia Flash 8

3. Kunci terlebih dahulu layer action dan materi agar tidak terjadi salah memasukkan gambar. Buatlah Latar belakang yang anda inginkan sesuai kebutuhan anda.

Cara Membuat Quiz Interaktif Dengan Macromedia Flash 8

4. Masukkan text dan tombol pada layer materi yang anda butuhkan. Tombol berfungsi untuk memulai kuis interaktif yang sedang anda buat dan kemudian untuk menuju Frame berikutnya. Masukkan juga kode Script di layer action untuk tombol mulai.

Cara Membuat Quiz Interaktif Dengan Macromedia Flash 8



Cara Membuat Quiz Interaktif Dengan Macromedia Flash 8

5. Kemudian buatlah materi yang anda inginkan. karna ini adalah media quiz interaktif, jadi anda masukkan di layer materi dengan pertanyaan yang anda inginkan. Dsini saya membuat sebuah pertanyaan objective yang dimana memberikan tombol.

Cara Membuat Quiz Interaktif Dengan Macromedia Flash 8

6. Kemudian lanjutkan dengan action Script pada layer action untuk membuat coding jawaban benar dengan nilai yang anda butuhkan dalam satu jawaban yang benar.

Cara Membuat Quiz Interaktif Dengan Macromedia Flash 8

7. Terakhir, anda dapat menambahkan soal sesuai yang anda butuhkan ataupun yang anda inginkan. Kemudian di akhir soal anda harus membuat action script penilain yang telah anda buat. untuk mengetahui skor, nilai, dan jawaban yang benar yang telah di dapatkan.

Cara Membuat Quiz Interaktif Dengan Macromedia Flash 8


Cara Membuat Quiz Interaktif Dengan Macromedia Flash 8

Demikianlah Cara Membuat Quiz Interaktif dengan Macromedia Flash 8. Cara pembuatannya sederhana, tinggal anda kembangkan dengan karya anda sendri.


Related Posts:

8 Responses to "Cara Membuat Quis Interaktif Dengan Macromedia Flash 8"


  1. Thanks gan tutornya, bermanfaat sekali :')

    ReplyDelete
  2. mantap artikel nya, boleh coba gan

    ReplyDelete
  3. Gan. Bisa minta mentahx nga.. Buat pembelajaran TA.
    Vanderl843@gmail.com

    ReplyDelete
  4. bro din aku gk bisa gmna yaa? error di varibel a.onPress=function padahal sudah sama sperti tutorial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba yg ini
      a.onPress=function(){
      nextFrame();
      };

      aku cma bantu aja gan wkwkw

      Delete
  5. Bang mau tanya kalau saya mau buat jumlahnya 10 soal apa script actionyya sama dgn soal yg pertama

    ReplyDelete

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.