4 masalah yang sering terjadi pada laptop



Laptop adalah komputer yang bergerak dan relatif berukuran kecil dan ringan.sumber daya atau energi laptop terdapat pada baterai yang digunakan untuk mengisi ulang dan menghidupkan laptop itu sendiri.laptop juga banyak kegunaannya seperti komputer tetapi bedanya laptop bisa di bawa kemana-mana dengan mudah. Bicara tentang laptop pasti kita mendengar kerusakan-kerusakan yang dialami penggunanya.


4 masalah yang sering terjadi pada laptop adalah :

1. Power nyala tetapi tidak menimbulkan tampilan

Cara mengatasi masalah ini biasanya dengan cara menganalisa VGA nya terlebih dahulu dengan cara coba anda pasang port VGA ke monitor tabung atau LCD komputer yang anda punya kalau tampil berarti kemungkinan kerusakan pada layar LCD dan port LCD anda tapi jika tidak tampil atau monitornya mati ada kemungkinan VGA, mainboard, processor dan RAMnya kotor atau rusak. coba lakukan cek satu persatu.

2. Mati total atau power failure

Untuk kasus ini coba anda cek baterai laptop anda kemungkinan baterai laptop anda habis total. maka coba anda isi dulu baterai anda kurang lebih 1 sampai 2 jam.kemungkinan lain adalah adaptor laptop anda sendiri yang tidak berfungsi untuk pengisian daya jadi lihat indikator adaptor charger anda jika menyala berarti bukan adaptop charger anda yang rusak jika tidak menyala berarti adaptor charger anda rusak. jika adaptop charger menyala tetapi lampu indikator pada laptop tidak menyala kemungkinan terjadi kerusakan pada power board laptop anda yang mengakibatkan laptop anda mati total.
Baca Juga : Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Ala Cara Sidas
3. Masalah Port dan Konektor Power

Masalah ini biasanya terjadi pada laptop yang berumur lama yang mengakibatkan retaknya solderan pada komponen port dan konektor pada laptop yang disebabkan oleh panasnya laptop. solusinya coba anda solder ulang komponen yang mengalami keretakan.

4. Masalah fan atau pendingin laptop yang sering di bilang OVERHEAT

Permasalahan ini sering terjadi yaitu masalah panas yang di alami oleh sebuah laptop karna panas adalah musuh utama dari laptop.hampir 75% laptop rusak karna overheat atau panas yang berlebihan. karna laptop adalah barang yang kecil sehingga tidak ada ruang kosong dimana di penuhi oleh komponen yang berada didalamnya. masalah yang terjadi adalah tersumbatnya salauran pembuangan panas pada headsing processor biasanya yang menyumbat adalah debu yang masuk pada laptop. jadi suhu yang seharusnya di keluarkan malah balek lagi ke dalam yang membuat laptop panas berlebihan dari yang seharusnya. jadi mengganggu kinerja processor dan mainbord laptop anda sendiri.solusinya coba anda buka laptop anda dan bersihkan debu yang ada kemudian gunakan pasta di bawah headsing agar processor tetap dalam keadaan dingin. Semoga Informasi ini Bermanfaat.


Related Posts:

2 Responses to "4 masalah yang sering terjadi pada laptop"

  1. masalh port sepertinya yang paling sering terganggu khususnya port USB.

    ReplyDelete
  2. Keseringan yang port gan u,u. Nice info (y)

    ReplyDelete

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.