Masalah Yang Terjadi Pada Printer Canon

Printer adalah Perangkat keras yang dimana bila anda menghhubungkannya dengan perangkat komputer yang bisa anda gunakan untuk mencetak gambar,tulisan,foto,dan lain-lain. biasanya printer banyak dipergunakan pada perusahaan untuk mencetak documen yang sangat penting pada setiap perusahaan. Printer juga bisa seperti layaknya mesin fotocopy tetapi tidak dapat mengkopy terlalu banyak layaknya mesin fotocopy yang fungsinya hanya untuk mengcopy file ataupun document tertentu dengan sebuah kertas.


Masalah yang terjadi pada printer canon
Saat anda memakai printer anda pasti akan menemui masalah yang slalu terjadi pada printer anda. masalah tersebut pasti akan slalu terjadi jika anda sedang menggunakannya. Kali ini saya akan memberikan masalah yang terjadi pada printer Canon dan sebuah solusinya.

Masalah Pada Printer Canon

1. Absorber Full

Masalah yang terjadi pada printer canon

Peristiwa ini akan slalu terjadi ketika printer telah mencetak sebanyak lebih dari 100 lembar. Printer menyatakan bahwa the ink absober is almost full yang dimana tinta telah terisi penuh dan harus di reset ulang seperti semula. solusi dari masalah ini ada 2 yaitu dengan cara manual dan memakai sebuah aplikasi pendukung untuk mereset sebuah jenis printer. jika anda memakai sebuah aplikasi anda tinggal cari di internet dan download apilkasi sesuai dengan jenis printer yang anda gunakan untuk mereset sebuah printer anda.

Solusi menggunakan cara manual 

1. Matikan sebuah printer dan cabut kabel kabel power sebuah printer.
2. Tekan tombol power sebelum kabel power di colokkan, kemudian jangan anda lepaskan tombol powernya dan colokkan kabel powernya.
3. Ketika tombol power masih di tekan dan printer telah nyala tekan tombol resume sebanyak 2 kali dan kemudian lepaskan tombol power yang anda tekan tadi.
4. selesai dan kini printer anda akan terdeteksi seperti printer baru. ikuti langkah-langkah yang diminta oleh printer sampai menjadi printer baru lagi.

2. Tinta atau Cartridge Beku

Masalah yang terjadi pada printer canon


Masalah ini slalu sering terjadi karna sebuah Cartridge jarang digunakan dan menimbulkan pembekuan pada head cartridge. biasanya jika anda mempunyai sebuah printer minimal dalam 1 hari anda harus ada menghidupkan sebuah printer meski tidak digunakan. agar tidak mengalami sebuah pembekuan pada tinta atau head cartridgenya.

Solusi menggunakan cara manual

1. Lepas cartridge pada printer anda dan sediakan sebuah air panas. tapi ingat air panas nya jangan terlalu panas dan jangan juga terlalu dingin. 

Masalah yang terjadi pada printer canon

2. rendam head cartridge dan goyang-goyangkan agar tintanya berjalan lancar melalui head pada cartridgenya. lakukan hal ini selama kurang lebih 5 menit.
3. anda juga bisa menggunakan sebuah cairan yang dapat memperbaiki sebuah head cartridge untuk membuka celah pada sebuah head cartridge.

3. Error B200

Masalah yang terjadi pada printer canon

masalah hal ini bisa saja terjadi saat anda tidak mengetahui tinta anda sudah mulai habis dan anda terus menggunakannya dan menjadi panas sebuah voltmeter pada power suppy pada printer anda. sebenarnya masalah ini banyak kemungkinan yang terjadi dan bisa saja power suppy printer anda mengalami masalah dan harus diganti.

Solusi Menggunakan cara manual

1. Tekan tombol reset dan tahan jangan sampai anda lepas, lalu kemudian tekan tombol power dan jangan dilepas.
2. lepaskan tombol reset dan tombol power tetap anda tahan.
3. tekan tombol reset sebanyak 6x atau lebih.
4. lepaskan tombol power.
5. jika anda berhasil dan lampu alaram tidak lagi berkedip anda tidak perlu melakukan pergantian power suppy printer anda.

4. Ghosing

Ghosing atau cetakan berbayang terkadang terjadi pada printer yang anda gunakan. sebuah hasil cetakan keliatan berbayang sehingga terlihat mengganggu ketika dilihat. hal ini biasanya terjadi karena usia drum unit yang memang sudah saatnya diganti, cartridge yang sudah minta di ganti juga dengan yang baru. terkadang terjadi karna aliran listrik yang buruk atau power supply printer yang dalam kondisi buruk atau lagi bermasalah.

Solusi Menggunakan Cara Manual

1. coba anda bersihkan kepala cetak atau head pada cartridge dengan tisu yang bersih.
2. bersihkan juga bantalan cartridge pada pjok kanan dalam.
3. serap genangan tinta pada bantalan cartridge hitam dan yang warna.
4. bersihkan juga sensor encoder pada printer mana tau terdapat tinta yang menempel atau dalam keadaan kotor. bersihkan dengan tisu bersih secara perlahan dan jangan sampai lecet.

Masalah yang terjadi pada printer canon

5. Paper Jam

Masalah ini sering terjadi saat anda mencetak menggunakan printer anda dan terjadi penarikan kertas yang salah atau kertas tertarik tidak sesuai dengan biasanya. hal ini terjadi dikarenakan sebuah sensor kertas printer yang sudah tidak berfungsi lagi. Kemungkinan juga terdapat masalah pada as penarik kertas yang patah. anda bisa perbaiki as anda dengan cara yang ada pada sebuah internet.


Demikianlah Masalah pada Printer canon yang sering terjadi saat anda menggunakan printer anda. sebenarnya masih banyak lagi tetapi cara dari setiap masalahnya hampir sama. cara ini dapat anda gunakan untuk memperbaiki printer anda. saran saya jika anda tidak mengerti anda dapat menanyakan langsung ke saya melalui email atau komentar dibawah dengan kata-kata sopan. Selamat Mencoba dan Bermanfaat.

Related Posts:

6 Responses to "Masalah Yang Terjadi Pada Printer Canon"

  1. informasinya sangat bagus. patut untuk di share. memang sekarang banyak teknologi canggih yang bersaing.tetapi, dibalik itu semua ada kelemahannya tersendiri.

    GOOD JOB !

    Cc : Arjuna Rafi

    ReplyDelete
  2. sdh brpa lama ngeblog gan

    ReplyDelete
  3. dulu ane pernah tuh pake canon tapi gara2 ga awet sering rusak apalagi catridge yang hargnya mahal, akhirnya pindah ke Epson
    salam dari simbalisme.blogspot.com

    ReplyDelete

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.