Cara Mengatasi Harddisk Bad Sector

Harddisk Bad Sector adalah sebuah kondisi dimana ada bagian sebuah Harddisk yang tidak bisa digunakan oleh sistem karena sebuah kerusakan atau kegagalan sitem operasi dalam mengakses sebuah Harddisk. Masalah ini terkadang membuat kinerja Harddisk menurun dan tidak efisien. Harddisk yang Bad Sector sangat merugikan sebuah kinerja sistem operasi karena sistem operasi disimpan dalam Harddisk. Dalam masalah Harddisk Bad Sector terdapat 2 jenis kerusakan yaitu Hard Bad Sector dan Soft Bad Sector. Hard Bad Sector adalah kerusakan pada fisik atau perangkat keras yang bernama Harddisk. dalam hal ini jika kerusakan pada fisik harddisk itu sendiri, kemungkinan rusak secara permanen yang diakibatkan oleh Head Crash yaitu kontak langsung pada head dan piringan yang berada didalam harddisk yang disebut Platter. Soft Bad Sector adalah kerusakan bukan terdapat pada fisik, tetapi dapat di perbaiki dengan software. 


Disini saya akan memberikan Cara Mengatasi Bad Sector yang mengalami kerusakan Soft Bad Sector degan menggunakan software bawaan dari windows sendiri yaitu Chkdsk. Software yang dapat di pakai dalam masalah ini seperti Harddisk Bad Sector Repair, Harddisk Low Format Tool, dan software lainnya. 
Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Kerusakan Hardisk

Langkah-langkah Mengatasi Harddisk Bad Sector

1. Bukalah Windows Explorer anda dan tentukan bagian partisi harddisk mana yang akan anda Cek kerusakan Bad Sector pada hardisk.


2. Disini saya ingin mengecek sebuah partisi C pada harddisk saya dengan klik kanan dan pilih properties.

Cara Mengatasi Harddisk Bad Sector

3. Kemudian pilih menu Tols dan di bagian error-checking pilih Check Now.


Cara Mengatasi Harddisk Bad Sector

4. Terakhir, jangan lupa centang Automatically fix file system error dan Scan For and Attempt Recorvery of Bad Sector kemudian Klik start untuk memulai memproses recorvery. untuk membuang yang namanya Bad Sector.


Demikianlah Cara Mengatasi Harddisk Bad Sector dengan menggunakan software bawaan windows itu sendiri yang sederhana. Mengatasi soft Bad Sector memiliki cara yang berbeda, karena tergantung software apa yang anda pakai untuk mengatasinya  Semoga Info ini Dapat Bermanfaat Bagi anda semua.

Related Posts:

11 Responses to "Cara Mengatasi Harddisk Bad Sector"

  1. tapi kadang kalo pake recovery juga suka nggak bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pke aja software lain gan ...
      atau kalau gak mau jga intall aja ulang dan format harddisknya ...

      Delete
  2. mantap gan.. kalau hardisk yang rusak total bisa gak diperbaiki gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat kerusakannya juga ..
      kalau udah piringan nya yang rusak ..
      ganti baru aja gan..
      tapi kalau kerusakannya cuma tidak terbaca masih ada solusinya ..

      Delete
  3. hehe saya tidak punya hardisk gan

    ReplyDelete
  4. Terimakasih infonya gan, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  5. Mkasih infonya gan
    Langsung praktejpraktek

    ReplyDelete

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.